Monday, April 9, 2012

TIPS DIET Part II

Pada bagian ini kita akan membahas pengetahuan tentang kalori yang terkandung dalam makanan yang kita makan. Hal ini sangat penting mengingat banyak orang yang tidak memperhatikan jumlah kalori yang masuk dan keluar dalam tubuh perhari. kita muali dari kebutuhan kalori rata-rata perhari adalah 1900 kalori. bisa saja berkurang atau bahkan lebih,, tergantung kesibukan setiap harinya. Kalau kerjaannya hanya kuliah, pulang, kuliah, pulang lagi, hanya diperlukan 2000 kalori. itu untuk wanita,, biasanya laki-laki butuh kalori lebih banyak (sekitar 200-300 kalori). nah setelah kita tahu berapa kalori yang kita butuhkan, tinggal menghitung kalori yang masuk. Kita ambil mudanya saja.. 1 gram karbohidrat (nasi, kentang, gula, dsb) menghasilkan 4 kalori. 1 gram protein (telur, daging2an, dsb) menghasilkan 4 kalori pula. Sedangkan 1 gram lemak (minyak, kulit2n, mentega, dsb) menghasilkan 9 kalori. Contoh: makan pagi dengan 1 butir telur (50 gram), 200 gram nasi dan sayuran akan menghasilkan 1000 kalori. Belum terhitung lemak yang ada di telur (kalau di goreng), jadi sarapan pagi kita bisa mencapai 1200 kalori.. Ga kerasa ya,, makan dikit z kalorinya dah gede. Kelebihan kalori dalam tunuh akan disimpan berupa lemak2 yang membuat badan kita membengkak,, T.T Mulai sekarang hitung kalori yang masuk dan keluar y,, biar ga da lemak yang ditimbun,, Selamat Menghitung,, ^^