Thursday, February 26, 2009

Kasiat Vitamin E

Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita. Nah, vitamin E ini termasuk kelompok vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga sering kita temui vitamin E yang berbentuk lemak, y memang karena ia tak bisa larut dalam air.

Vitamin ini dapat kita temui di sejumlah makanan kita sehari-hari seperti ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, minyak tumbuh-tumbuhan, havermut, dan di beberapa senis biji-bijian. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin E, kita tidak perlu lagi mengkonsumsi suplemen vitamin E. karena penelitian membuktikan bahwa kelebihan vitamin (baik itu E, A, D, K) akan menyebabkan keracunan. Sesuatu yang berlebihan itu kan g baik..

Walapun begitu, vitamin E mengandung banyak manfaat. Vitamin E memegang peranan penting dalam menjaga tubuh dari radikal bebas, dan katanya lagi, vitamin E ini dapat mencegah penuaan dini! Nah lho.. yang merasa masih muda tapi kaya udah tua,, cepetan perhatiin asupan vitamin E-nya..! heuheu..

Kenapa vitamin E bisa mencegah peniaan dini?? Ini dikarenakan kemampuan vitamin E sebagai vitamin antioksidan yang mampu melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Fungsinya bisa untuk mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah, mencairkan darah beku, mencegah penyumbatan pembuluh darah, menguatkan dinding pembuluh darah kapiler, meningkatkan pembentukan sel-sel darah merah, mengurangi kadar gula darah, memperbaiki kerja insulin, serta meningkatkan kekuatan otot dan stamina.

Karena vitamin ini masuk dalam jenis vitamin yang bisa larut dalam lemak, vitamin E mampu menembus lapisan membran sel dan masuk ke dalam sel. Karena itulah vitamin E dapat mencegah terjadinya proses oksidasi lemak dan memegang peranan sangat penting dalam melindungi lapisan jaringan lemak yang melapisi dinding sel-sel dan organ-organ utama dalam tubuh.
Vitamin E juga bisa berguna bagi perlindungan sel-sel kulit akibat radikal bebas, melindungi kerusakan DNA sel-sel kulit hingga dapat mencegah terjadinya kankaer kulit, meningkatkan regenarasi sel-sel kulit, dan dapat mencegah kerusakan serabut kolagen dan elastin yang memicu terjadinya kulit keriput. Manfaat lain vitamin ini bagi kulit adalah dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, peradangan dan pembentukan jaringan parut, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
Karena begitu banyaknya kemampuan vitamin E bagi kulit, tak heran jika vitamin ini memang baik jika dikonsumsi secara teratur. Jika kita mengkonsumsinya secara teratur atau mengoleskannya langsung pada kulit, vitamin ini dapat meningkatkan ‘natural sun protector’ pada kulit. Makanya,, banyak produk kosmetik yang menggembar-gemborkan produknya mengandung vitamin E.
Selain itu vitamin E dapat memengaruhi kerja hormon, mencegah degenerasi saraf penglihatan mencegah kerusakan sel-sel saraf, meningkatkan gairah seksual, serta mempertahankan kekebalan tubuh dan menguatkan sel-sel darah putih.

Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E dari dalam saja. Dari sebutir kapsul vitamin E, kita pun bisa menambah kadar dan manfaat vitamin E yang ada dalam produk kecantikan untuk bagian luar tubuh.

Dalam sebuah kapsul vitamin E, bila kita kupas kulit kapsulnya, kita akan menemukan sejenis cairan minyak yang keluar dari dalam kapsul tersebut. Minyak inilah yang bisa kita gunakan untuk dioleskan pada bagian luar tubuh.

Untuk mengurangi strecth marks di seputar kulit payudara atau perut, terutama bagi wanita yang usai melahirkan, oleskan saja cairan dari kapsul tersebut secara merata. Selain itu jangan lupa, tetap konsumsi suplemen makanan yang mengandung zink, silika, vitamin E, dan vitamin B6.

Sedangkan untuk mengatasi bekas luka yang cukup parah, lakukan pijat relaksasi dengan menggunakan wheatgerm oil yang memang kaya vitamin E. Cara ini bisa mengurangi jaringan perut yang terlihat menggurat pada kulit.

Bibir terlihat kering? Oleskan saja minyak vitamin E yang bisa diambil dari sebutir kapsuk vitamin E. Lakukan pada pagi hari setelah mandi sebelum akan mengoleskan lipstik pada bibir.

Kuku kering pun bisa diatasi oleh minyak dari sebutir kapsul vitamin E. Oleskan secara merata pada kuku di waktu pagi dan sore hari. Untuk hasil yang bagus terlihat, oleskan secara rutin selama satu hingga dua minggu lamanya.

Sedangkan untuk melindungi kulit tubuh dari paparan sinar matahari serta radikal bebas semisal akibat polusi udara, gunakan lotion yang mengandung sedikitnya SPF 15 serta pelembab yang mengandung vitamin A, C serta E sebagai antioksidan.

Namun ada yang harus kita waspadai, vitamin E SINTETIS!!! Akhir-akhir ini, begitu banyak tawaran vitamin E yang padahal berwujud sintesis. Harga produknya pun tentunya lebih murah daripada vitamin E yang asli. Padahal jangankan memberi manfaat yang besar pada tubuh, vitamin ini justru mampu meracuni kulit karena vitamin sintesis ini memiliki bahan dasar minyak bumi.

Ada tips agar kita teliti dalam memilih vitamin E atau produk yang mengandung vitamin E:
• Pilih produk kecantikan yang mengandung vitamin E alami yang biasanya bertuliskan d-alpha tocopherol dan waspadai bila yang tertuliskan dl-alpha tocopherol karena ini berarti vitamin E sintesis
• Jika berupa produk yang digunakan untuk dioleskan pada kulit, pilih produk kecantikan dengan konsentrasi vitamin E antara 0,1 hingga 1 mg sehingga fungsi antioksidannya dapat bekerja maksimal
• Agar lebih terasa manfaatnya, selain mengkonsumsi vitamin E dari dalam, gunakan juga produk yang mengandung vitamin E yang penggunaannya dioleskan pada kulit
• Untuk produk penggunaan di luar yang mengandung vitamin E, pilih pada produk yang lama menempel pada kulit. Misalnya pelembab yang mengandung vitamin E
• Jangan lupakan juga produk bervitamin E yang sesuai dengan kondisi jenis kulit, berminyak, kering, atau untuk kulit normal.
• Pilih juga produk kecantikan yang mengandung vitamin E namun tidak mengandung bahan-bahan yang mampu membuat iritasi, alergi, serta memicu komedo atau jerawat pada kulit. Untuk lebih amannya, pilih produk dengan label dermatologist-tested.

Tubuh itu memang perlu dirawat, tapi jangan ampe berlebihan y. semua makhluk diciptakan sempurna koq,, tergantung bagaimana cara pandang kita melihatnya. Semoga bermanfaat!

Ref:
• Dari berbagai sumber.

31 comments:

  1. Hey, aku berencana untuk merawat kulit dengan mulai mengkonsumsi vitamin E (Natur E) setiap hari, kira kira itu itu baik ngga ya? Soalnya aku baca di beberapa review katanya untuk kulit yang berjerawat tidak dianjurkan. (Beritanya masih simpang siur sih, cuman aku pengen tau aja). Di kemasannya di tuliskan pemakain dari 1-4 capsul perhari, kalo 4 kapsul perhari apa ngga berlebihan? Tolong dong infonya

    ReplyDelete
  2. kira kira ad apa tidak hal2 yang bisa ngrusak vitmin E pada makanan, seperti karena proses pemanasan,...

    ReplyDelete
  3. nice info,,Nature E baik untuk menjaga kulit dan penuaan dini.
    tidak ada kaitanya dengan jerawat, karena d alpha tocoferol artinya alamiah, sama sperti kita mengkonsumsi sayur2an.

    ReplyDelete
  4. Jangan menggunkan natur E secara berlebih. Klo cwe 1 per hari ja cukup, klo cwo 2 jg ckup. Utk pmkain pertama mending pke 2, pgi n sore. Biar lebih Ok utk cwe, nah klo kelihatn udh da perubhan selanjutx pake 1x shri ja.

    Coz' kebnyakn jg g bgus, ntr mlah t'jadi pradangan d usus karna kbnyakn suplemen. Dan mereka belum siap mncerna dengan baik.

    ReplyDelete
  5. kulitku berminyak dan gampang banget berjerawat, aku mengkonsumsi natur e, aman g ya kalo aku oleskan ke wajah dengan harapan bekas jerawat dan sedikit parutnya dapat berkurang/ ilang?

    ReplyDelete
  6. aku baru mulai pake vitamin e jenis kapsul,,, dosis nya masih gak jelas,,, kata penjual di minum 1x sehari aja, smntra d dosis nya 4 kapsul per hari,,mana yg bener y???

    kira2 setelah kita telan berapa lama hasilnya baru keliatan?

    ReplyDelete
  7. kulit wajah saya berminyak dan berjerawat,sy pernah pake natur e dengan harapan kulit wajah jd bagus eeee malah minyak di wajah sy semakin banyak dan jerawat makin subur..akhirnya lngsng sy hentikan natur e nya..

    kemudian sy konsultasi ke klinik kecantinkan ternyata mmng vitamin e ga cocok untuk wajah yg berminyak dan berjerawat..

    ReplyDelete
  8. ya, nich..
    setelah g pke nature e, jd jerawatn ya..
    pdhl sblmya g ga ad jerawatsama sx..

    ReplyDelete
  9. jadi sebenarnya natur E itu bagus nggak sih?
    wajah saya nggak ada jerawat tapi berminyak.
    kira-kira bagus nggak ya kalo make natur E. please share your info yah.

    ReplyDelete
  10. nyla agus iskandarJune 29, 2011 at 10:01 PM

    aku juga baru mau make nich,,,,positif tinking aja ya,,,semuanya niat dr pd diri kita sendiri aja,,,bismillah,,,mudah2an apa yg kita konsumsi bermanfaat untuk kulit n kesehatan kita,,,,wassalam,,,

    ReplyDelete
  11. Hmm.. kulitku sedikit berminya, dan sedikit ada jerawat kecil di pipi kanan , alhamdulillah ngga ada efek aneh2 :D
    Menurutku insyaAllah ngga ada istilah vitamin e gak cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, namanya kulit butuh asupan vitamin, baik itu acdeb :D
    kekurangan vitamin bisa menurunkan produksi kolagen..

    ReplyDelete
  12. Tenta Casandra. ZalOctober 29, 2011 at 2:05 AM

    Vitamin-E sangat penting dalam mempertahankan kesehatan tubuh secara umum,,

    jadi, nggak salah kalau qta mengkonsumsi natur-E, hanya saja alangkah lebih baik jika tbuh qta mndapatkan vit-E trsebut hanya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vit-E :)

    kalau maw cantik poen vit-E hanyalah sebagai pendukung,, karna kcantikan yg sebenar na,, ada di diri qmu sendiri,, oc..

    ^_^

    ReplyDelete
  13. betul betul betul
    aq juga age konsumsi vit.E

    ReplyDelete
  14. baru nyobain minum natur e hari ini...smoga hasilnya positif

    ReplyDelete
  15. apa nature E bisa menambah kesuburan gak ????

    ReplyDelete
  16. pengen nyoba minum natur-e,..
    kayak bagus tuh

    ReplyDelete
  17. kyak.y klau konsumsi Natur-E memang bgus cman klau pemakaian di hentikan malah jerawat.y menjadi-jadi...
    mgkn trgantung orangnya yh???

    ReplyDelete
  18. ada efek jangka panjangnya gak ya kira2??

    ReplyDelete
  19. Jdi pingin nyoba nih
    Kulitku kering dan komedo an
    Harganya terjangkau ga yah!?

    ReplyDelete
  20. lam kenal ya sob........
    makasih artiekl nya,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  21. kalau natur e yang face cream cocok untuk wajah berjerawat dan sensitif gk yach....

    ReplyDelete
  22. Aku udah pake Natur E dua tahunan, dan hasilnya bener2 bisa aku rasain, kulit beneran jd moist, cerah, kulit mulus.. Bersih ..

    ReplyDelete
  23. Kulitku sedikit berjerawat kecil dan suka berminyak . Kira2 boleh ga pake komsumsi natur-e ? Takut klo pas minum malah numbuh jerawat bnyk-_-

    ReplyDelete
  24. hay semua

    saya mau nambahian aja,bagi yang wajahnya berminyak atau nga,
    bagi kalian yang ngosomsi Vit E,lebih baik juga di bawa olahraga selalu,agar keringat atau kotoran yang ada di kulit bisa keluar,dan tidak menjadi plek saat nanti apa bila kita berhenti menggonsomsi vit E trsbut

    ReplyDelete
  25. kalo ibu hamil boleh konsumsi ga say??

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. just Information: buat konsumsi kapsulnya

    Pada usia 17-25 th : 1 x sehari Natur E 100 IU
    -Pada usia 26-30 th : 2 x sehari Natur E 100 IU
    -Pada usia 31-35 th : 3 x sehari Natur E 100 IU
    -Pada usia > 35 th : 4 kapsul sehari Natur E 100 IU

    ReplyDelete
  28. Aku pakai 4capsule /hari. Dikulit tubuh bagus,lembab,kenyal seperrti bayi. Tapi diwajah mudah berjerawat. Pas aju tanya dokter ku dia bilang wajah berjerawat emang gak direcomendasikan pakai ini

    ReplyDelete
  29. Saya pake nature e muka saya timbul seperti keringat buntet, otu kenapa ya dan gatal sekali

    ReplyDelete