Thursday, February 19, 2009

MEMASAK?!?!?!

Eeitsss,, jangan salah tanggap dulu..!! Maksudnya "memasak" disini bukan belajar ngupas bawang, menanak nasi atau membuat craby patie,, tapi kita hanya akan membahas, sebenarnya memasak itu apa sich?? awalnya dari mana n fungsinya pa z.. (penting g sich?? penting g penting, penting pisan!!!)

Saya yakin, temen" pazti dah pada tau dunk apa itu memasak.. Kebanyakan jawabannya pasti memasak adalah mengolah sesuatu agar bisa dimakan.. Hem, tapi secara definitif menurut ahli "ilmu memasak" memasak (heuheu..) diartikan sebagai pemberian panas pada bahan makanan sehingga bahan itu menjadi mudah dicerna, dapat dimakan(tentunya), aman dimakan, lezat dilidah dan mengubah bentuk penyajian (adanya perubahan warna, bentuk, dan atau rasa).

Jadi,, memasak bukan hanya mengolah makanan sehingga dapat dimakan.. itu mah pengertian primitif sekali atuh,, Ngomong-ngomong primitif,, tau g sejarahnya memasak?? (pengen tw z enggak!!) Baiklah kalau mau pada tau,, memasak pada awalnya bermula dan berasal dari kebakaran di sebuah hutan yang entah dimana pada zaman batu dahulu. Orang-orang primitif yang sehari-harinya memakan daging atau apapun secara mentah mencium bau yang tidak biasanya (baca: lezat). Mereka lalu mencari asal mula bau itu,, ternyata eh ternyata bau itu berasal dari binatang-binatang hutan yang terbakar. Dengan rasa penasaran yang luar biasa (lebay deh..!) orang-orang primitif itu lalu mencicipi daging panggang (baca:hangus) itu. Dan ternyata,, rasanya lebih enak dibanding daging mentah yang selama itu mereka makan. Nah, dari situlah awal mulanya proses memasak dengan menggunakan panas itu..

Balik lagi ke zaman hi-tech.. Proses memasak ini juga mengakibatkan sesuatu terjadi pada bahan makanan itu, diantaranya:
  • Bahan makanan (misal: daging) menjadi empuk karena connective-tissue (jaringan dalam daging)nya melembek.
  • Sayuran menjadi empuk karena cellulose-nya melembek.
  • Bahan berupa tepung dapat mengental (jellying).
  • Matinya bakteri-bakteri berbahaya pada derajat panas tertentu.
  • Timbulnya perubahan bentuk, rasa, atau warna makanan tersebut tersebut.
    • Perubahan bentuk: jika spaghetti direbus, bentuknya berubah dari seperti lidi menjadi berbentuk seperti kabel (iya gt kabel ky spaghetti???).
    • Perubahan rasa: pemanasan terus menerus dari sup consomme menyebabkan rasanya menjadi semakin asin (salty)
    • Perubahan warna: gula yang dipanaskan terus menerus akan menjadi berwarna coklat (caramelized) dan rasanya agak pahit.
Mungkin segitu aza dulu tentang memasak hari ini,, di artikel berikutnya akan ada pembahasan yang lebih detail tentang memasak,, jadi tunggu aza y... (siapa yg nunggu?! narsis!!! hehe..)

ref: Dari berbagai sumber

2 comments: