Friday, February 20, 2009

Tips Mencegah & Menghilangkan Kantuk

Kantuk atau mengantuk memang hal yang paling ditunggu-tunggu kala kita akan pergi tidur,, namun bila kantuk itu datang disaat yang tidak tepat misalnya saat kita bekerja, belajar, kuliah, seminar, atau pertemuan-pertemuan lainnya yang membutuhkan konsentrasi penuh?? Apakah kantuk itu masih kita harapkan?? (masih,, klo dosen yg ngajarnya membosankan,,heuheu..)


Kantuk menurut para ahli terjadi karena berkurangnya pasokan Oksigen dan bertambahnya Carbondioksida bebas di udara, karena itu kerja otak dan sisitem pernapasan semakin berat, tubuh pun menjadi lebih panas karena meningkatnya metabolisme tubuh. Intinya otak kekuarangan oksigen dan suasana menjadi nyaman untuk tidur..


Ada tips n trik yang bisa dicoba utnuk menghilangkan rasa kantuk ini:

Ø Biasakan sarapan pagi agar otak segar dan bias berkonsentrasi dengan penuh,, perbanyak makanan yang mengandung protein daripada karbohidrat, karena protein baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Jangan lupa minum segelas jus atau sari buah untuk menyeimbangkan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Ø Lakukan olahraga ringan agar otot-otot tubuh tidak mudah lelah sehingga membuat otak tidak cepat lelah juga. Usahakan olahraga yang bukan hanya menyegarkan tubuh, tapi juga otak seperti brain gym.

Ø Saat kegiatan berlangsung (bekerja, kuliah, rapat, seminar, dll) usahakan pusatkan perhatian pada kegiatan tersebut, buatlah kegiatan itu menarik, misalnya memikirkan pertanyaan apa yang akan ditanyakan, Dengan cara ini , kita dilatih untuk mendengar dan mencari titik lemah utnuk dipertanyakan, meskipun nanti akhirnya tidak akan ditanyakan, paling tidak rasa kantuk bisa dicegah. (melihat sesuatu yg lucu jg bisa, mis. Liat temen yg sama2 ngantuk, expresi mereka kan lucu tuch,heuheu..)

Ø Makan permen atau cemilan yang tersedia,, dengan begitu pusat perhatian bukan hanya di mata tapi juga di mulut. Karena dengan cara ini otot mulut dan kerongkongan akan bergerak dan terangsang sehingga tidak diam. Tapi juga jangan sampai perut merasa kenyang karena terlalu kenyang juga akan menyebabkan rasa kantuk. Permen karet juga bisa dijadikan pilihan.

Ø Tinggalkan tempat kegiatan tersebut sejenak. Mungkin otak kita butuh sesuatu yang segar dan baru, sehingga saat kembali beraktifitas otak pun dalam keadaan segar. (tapi jgn ampe kelamaan y, keburu kuliahnya selesai!)

Ø Bila ada hal yang perlu dicatat, gunakanlah tinta yang berwarna cerah untuk menulis. Bisa juga dapat menggunakan metode maping dengan menambahkan gambar. Dengan cara ini kita akan merasa santai mengikuti acara sampai selesai. (gambarnya yang bersangkutan dengan materi y, jgn yg lain”!)

Ø Bila kita sering mengantuk di siang hari, mungkin karena kebiasaan kita yang sering tidur di siang hari. Tubuh mempunyai jam biologis yang dapat mencatat kegiatan kita sehari-hari. Jadi jangan dibiasakan tidur di siang hari walaupun kita sedang libur kerja atau kuliah.

Ø Hindari stress, karena dengan stress tubuh akan cepat merasa lelah sehingga akan cepat merasa ngantuk. Gunakan hari libur dengan sebaik-baiknya agar dapat kembali fit saat hari-hari sibuk datang.

Ø Perhatikan kualitas tidur kita,bukan kualitas. Buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin sehingga walapun tidur kamu Cuma bentar tapi cukup bias mengembalikan stamina tubuh dan otak kamu.

Ø Jangan biasakan minum kopi atau suplemen yang menjanjikan dapat mencegah ngantuk. Jangan gantungkan hidupmu pada obat,, makanan yang sehat dan bergizi sudah lebih dari cukup untuk menjadi kesehatanmu. (cobain food combining..)


Nah, mudah kan.. Selamat mencoba y..

22 comments:

  1. Begini saya ngantuknya malam. sekitar jam 7 malam. Jadi ndak sempat belajar.

    ReplyDelete
  2. tinggal nyemplung aja di sungai....
    ntar jadi gak ngantuk....

    ReplyDelete
  3. pukul aja pantat istri orang......................

    ReplyDelete
  4. ada caralain gak.sebab aku dikelas diketawain ma temen

    ReplyDelete
  5. ya keren jugalah buat nambah ilmu!!!

    ReplyDelete
  6. Nice Tips.. thanks

    ReplyDelete
  7. Aku tidur udah cukup tapi tetep gampang ngantuk...

    ReplyDelete
  8. tx info,y...
    i wanna try.......

    ReplyDelete
  9. kalo mencegah ngantuk pas bergadang kerja gmna?

    ReplyDelete
  10. berdirilah dengan dua tangan dan 2 kaki diatas, dengan begitu, darah akan mengalir ke otak dan memperbaharui kinerja otak. hati-hati, metode ini tidak cocok untuk mereka yang gemar makan yang asin-asin. karena dikuatirkan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan otak kita meledak.

    ReplyDelete
  11. truz gimana dunk. . . klo cuma ngantuk pas jam2 tertentu aj, so selain jam tersebut g ngantuk????

    ReplyDelete
  12. siiiiiiiiiiiiiiiip, . .. .kalo aku cukup browsing sendirian, di jamin ga akan ngantuk meski tengah malam n bejam-jam. . . .

    ReplyDelete
  13. hilangkan suntuk/boring/ngantuk dgn main game ringan2 aja. Biasanya windows ada 3 game default bwt ngusir boring. Klo kebijakan perusahaan melarang ya bw aja game portable (game watch)

    ReplyDelete
  14. saya mahasiswa dari stps, ketika awalnya di mulai mata kuliah gak pernah kosentrasi belajar,dan bahkan yang datang ngantuk trussss.

    dan yang menjadi saran dari saya, bagaimana cara mengatasinya, dan apa obatnya, kalau memang oabt, bantulah saya, klo ada obatnya tolong kirim melalui pos, saya truss terang saja, tolonglah bantu saya, dan bagaimana cara solusi yang baiklah buat saya,.

    ReplyDelete
  15. Good sip. I want to try...
    Thanks.

    ReplyDelete
  16. kualitas bukan kualitas??? maksud ne opo iki cuk???

    ReplyDelete
  17. Tips lain yang sederhana, makan buah jeruk dan minum airputih paling kurang dalam sehari 6-8 gelas!

    ReplyDelete
  18. oke gan artikelnya....
    thanks dengan info yang bermanfaat ini

    superrefreshingg.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. rasa kantuk selalu melanda ketika kuliah ,seminar dan lain"....
    akan saya coba tips trsbt.....

    ReplyDelete