Thursday, February 26, 2009

Segudang Manfaat Wortel

Wortel merupakan umbi akar yang sering kita jumpai sehari-hari. Tumbuhan berwarna oranye ini ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Pasti semua orang tau dunk klo wortel mempunyai vitamin A yang baik buat mata,, tapi g Cuma itu aza loh,, Ayo kita liat manfaat lain dari wortel..

  • Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang (yah, masih runner up?! Heu..). Wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dan Beta karoten kadang - kadang diresepkan untuk hal yang sama, karena beta karoten didalam tubuh dikonversi menjadi vitamin A. Beta karoten sendiri termasuk dalam golongan karotenoida dan telah diidentifikasi terdapat lebih dari 600 jenis karoten yang berbeda. Antara lain yang cukup dikenal didunia kesehatan adalah karoten, lutein, dan lycopen (yang ini pasti tw dunk,, ada tuch di iklan pelembab wajah). Beta karoten merupakan bagian penting dari karoten. Jika tubuh diberi asupan beta karoten maka tubuh akan membentuk vitamin A sesuai yang diperlukan tubuh sehingga menyantap wortel menjadikan cara yang aman untuk memperoleh vitamin A.

  • Mencegah kanker. Dibandingkan dengan sayuran lain, wortel paling banyak mengandung beta karoten (lagi-lagi “beta karoten”), rata - rata 12.000 IU ; para ahli menganjurkan 15.000 - 25.000 IU perhari. Ini terkait kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, karena sifat antioksidanya yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Disamping itu beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan "killer cell" alami.

  • Mencegah Rabun Senja dan Memperbaiki Penglihatan. Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja.

  • Menurunkan Kolesterol Darah. Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh.

  • Berguna sebagai anti-inflammatory dan menyegarkan kulit, membantu memudarkan bercak-bercak di kulit, dan juga mampu mengatasi kulit kasar karena bercak dan pigmentasi.

  • Selain itu, kabarnya, wortel dapat memenuhi kebutuhan kalsium dalam pembentukan tulang, , mengatasi tukak lambung, amandel, gangguan kerongkongan dan pernapasan, tukak lambung, mencegah konstipasi (sembelit), antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pengobatan tekanan darah tinggi (hipertensi), hepatitis, mencegah stroke, badan lemas karena kadar gula darah rendah (hipoglikemia), diare kronis pada bayi, cacing kremi pada anak-anak, campak, cacar air, mencegah keracunan bahan kimia berbahaya seperti logam berat, menghentikan kebiasaan merokok, dan sesak napas (asma).

  • Daun wortel juga berguna untuk memperindah rambut, meningkatkan hormon seks, dan memperlancar kencing pada radang kandung kemih (sistitis) dan batu ginjal. Daun dan biji digunakan untuk mengatasi beri-beri, batu saluran kencing, nyeri perut (kolik), rasa sakit setelah bangun tidur pagi akibat minuman keras (hangovers), dan perut kembung.

Nah ini ramuan yang bisa diracik dari wortel:

· Mengatasi hipertensi: Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

· Mengatasi demam pada anak: Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

· Mengatasi luka bakar: Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

· Menyembuhkan batuk: Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

· Mengatasi nyeri haid: 250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

· Mengatasi sembelit: Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

· Menghaluskan wajah dan menyegarkan penglihatan: Ambil 2 - 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci, parut, dan ambil airnya. Ambil 2 buah apel malang (ijo) kemudian parut dan peras airnya. Bila suka tambahkan dengan sari tomat (tomat yang diparut lalu diperas airnya). Kemudian campurkan sari wortel, apel dan tomat. Minum segera. Lalu ampas wortel dan tomat oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas. Sebelumnya, cuci wajah dengan air hangat.

Memang rasanya kurang enak, tapi demi kesehatan, apa sih yang enggak?? Tapi untuk resep yang terakhir (menghaluskan wajah) rasanya sangat menyegarkan karena ditambah dengan apel malang yang manis dan segar sehingga rasa keset dari wortel dapat tertutupi. Selamat mencoba ya!


ref:

  • Dari berbagai sumber

5 comments:

  1. oke, tapi rasanya kalo potong2 dan diblender agak nyusahin, apa bisa kalo diganti dengan pake juicer???

    ReplyDelete
  2. bisa pake juicer malah lebih murni airnya

    ReplyDelete
  3. wah yg terakhir it saya juga ada lakuin mbak.. Seger minum sambil masker pake it.. Tp saya pake tomat + wortel + madu.. Pertamaxwah yg terakhir it saya juga ada lakuin mbak.. Seger minum sambil masker pake it.. Tp saya pake tomat + wortel + madu.. Pertamax

    ReplyDelete
  4. Terimakasih kak, Artikel  Manfaat Wortel nya sangat membantu dan mudah dipahami

    Wortel merupakan sumber yang kaya akan vitamin A dan serat

    ReplyDelete