Thursday, February 19, 2009

Mencegah & Mengobati Lupa Dini

Pernahkah tiba-tiba Kamu lupa pada sesuatu yang seharusnya Kamu ingat?(sering bgt!!) Misalnya lupa jawal kuliah, lupa meletakkan note book, bahkan lupa dimana Kamu meletakkan buku Kamu?! Belakangan ini, penyakit lupa memang bukan hanya dialami oleh kaum lansia. Menurut pakar, sering lupa merupakan gejala yang sering timbul jika seseorang jarang menggunakan otaknya. Jenuh dengan rutinitas juga merupakan salah satu penyebab lupa. (iya gt???)

Nah Kamu-kamu yang masih muda tetapi mulai sering 'lupa', jangan diem aja. (hehe..) Kamu harus mengatasinya. Sering-seringlah mengasah otak Kamu agar selalu dapat berpikir jernih dan kreatif. Ini dia tipsnya:

Pilih waktu yang tepat untuk berpikir
Pada orang yang lebih tua, pagi hari merupakan waktu yang paling pas untuk berpikir. Sedangkan pada sebagian besar orang yang lebih muda, waktu sianglah yang paling cocok (enaknya klo siang tuh tidur! heu..). Carilah sendiri waktu mana yang paling nyaman bagi Kamu bila hendak memeras otak.

Pelajari pengetahuan baru
Dengan mempelajari hal baru, otak akan terlatih untuk mengingat dan mengolah data. Setiap kali ada informasi pengetahuan baru tak ada salahnya Kamu pelajari sekedar men-charge otak Kamu.

Catat hal-hal yang penting
Catatlah selalu hal-hal ingin Kamu ingat. Karena tulisan lebih bisa diandalkan daripada ingatan. Letakkan catatan tersebut di tempat yang mudah terlihat. Misalnya di atas meja kerja atau di depan cermin di rumah. Sehingga hal penting tersebut itu senantiasa ada dalam ingatan Kamu. (jadi inget film The Tarik Jabrik!)

Milikilah keterampilan
Mempelajari keterampilan baru dan kemudian melatihnya secara berkelanjutan terbukti mampu meningkatkan kemampuan ingatan manusia. Pilihlah ketrampilan yang menarik minat Kamu. Misalnya merangkai bunga, kursus montir (hah?!), belajar musik, dan sebagainya.

Biasakan berpikir alternatif
Setiap kali menyelesaikan pekerjaan atau menghadapi masalah, biasakan untuk memiliki cadangan solusi. Sehingga jika solusi yang satu gagal, Kamu masih memiliki alternatif solusi yang lain. Memiliki lebih dari dua alternatif akan lebih baik. (pa lagi 100,,heuheu)

Berteman dengan orang yang pintar
Penelitian membuktikan orang yang berada di lingkungan yang terdiri dari orang-orang yang pintar dan cerdas, akan terbawa cerdas pula. Karena lingkungan memang saling mempengaruhi. Maka jika ingin pintar bergaullah dengan orang yang pintar. Ini bisa mencegah 'pelupa'.

Beri perhatian pada hal-hal yang perlu Anda ingat
Setiap kali Kamu menghadapi hal yang penting, cobalah untuk memberi perhatian lebih. Misalnya ketika Kamu bertemu klien bisnis baru, ingat dan catat namanya dengan baik. Konsentrasikan pikiran Kamu pada hal yang penting itu.

Dengarkan musik
Mendengarkan musik, bukan cuma bermanfaat bagi ibu-ibu yang tengah mengandung. Mendengarkan musik yang lembut saat Kamu suntuk diyakini dapat menyegarkan otak bahkan jiwa Kamu. Cobalah menikmati musik dengan keadaan rileks. Hal ini akan membuat pikiran Kamu lebih segar dan jernih. Karena dalam keadaan tenang, darah akan mengalir lancar ke otak Kamu.

Berolahragalah
Olahraga secara secara teratur terbukti meningkatkan kinerja fisik dan otak Kamu. Alasannya, karena saat berolahraga pasokan oksigen ke dalam tubuh akan meningkat drastis. Termasuk pula pasokan untuk otak. Di samping itu, olahraga juga dapat merangsang peningkatan neurotrofin di dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel otak.

Lakukan hal-hal di luar kebiasaan
Beranilah bereksperimen di segala bidang yang Kamu lakukan. Misalnya jika dalam menyelesaikan tugas Kamu menggunakan cara X, cobalah gunakan cara Y. Jangan takut salah, Kamu akan menemukan tantangan baru dan terpacu untuk menyelesaikannya dengan baik. Atau jika Kamubiasa lewat jalan A, sesekali lewati jalan B. Ini akan mengusir rasa jenuh dan menambah pengalaman baru.

Cintailah pekerjaan
Mencintai pekerjaan adalah salah satu kunci sukses dalam meniti karir. Dengan cinta, Kamu dapat lebih ikhlas dan semangat dalam bekerja. Sehingga segala hal yang menghambat pekerjaan Kamu dapat Kamu singkirkan dengan baik, termasuk hambatan 'pelupa'.

Bagaimana dengan Kamu? Apakah sudah mulai dirasuki penyakit pelupa padahal usia Kamu masih muda belia? Jika ya, coba deh tips di atas. Dijamin penyakit lupa Kamu akan pulih dan pikiran pun lebih jernih.(klo g berhasil, jangan ngambek y?!) Bukan itu saja, Kamu pun menjadi lebih kreatif dan inovatif. So, yang tidak pelupa pun, bisa melakukan hal di atas dalam rangka pencegahan. Hindari penyakit lupa sedini mungkin,, coz klo dah tua pazti susahdisembuhin!!

Klo tips-tips di atas g berhasil juga, coba konsultasi ke dokter termurah,, eh,,terdekat denk... heuheu.. x z otak kamu kurang vitamin atau zat-zat tertentu..

Selamat mencoba yupz!!

Sumber : http://fupei.com

11 comments:

  1. sip..thx yaaa....ak pelupa bgt ni, pdhl masih muda bgt..heheh

    ReplyDelete
  2. ^_^

    makasih ya ..,

    akan di coba :-)

    ReplyDelete
  3. hmmmm.... lupa.. aduhhh,,
    andai ada obat herbal utk lupa...

    ReplyDelete
  4. Thanks,ditunggu tips2 berikutnya.

    ReplyDelete
  5. Thanks. Semoga tipsnya berhasil.
    Soalnya udah 2x ninggalin kunci motor msh nggantung di motor.

    ReplyDelete